RUNNING NEWS :
Loading...

Tiga Teknologi Yang Akan Merubah Pola Bisnis Tahun 2020, Apa Saja ?

 



dirolu - Tak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi bakal menggeser pola hidup manusia di dunia. Terutama di dunia bisnis. Efisiensi mendorong pelaku bisnis untuk menggunakan teknologi sebagai pengganti tenaga manusia.

Namun, beberapa orang lebih memilih untuk melakukan bisnis secara konvensional. Bisa jadi bisnis yang mereka jalankan memang tak bisa digantikan oleh teknologi apapun.

Meski demikian, kita perlu tahu apa saja teknologi terbaru yang bakal merubah pola kehidupan tersebut agar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan jaman. Berikut beberapa teknologi terbaru yang membawa banyak perubahan di masa yang akan datang.

1. AI (Artificial Intelligence) / Kecerdasan Buatan
AI
 AI atau kecerdasan buatan, merupakan evolusi teknologi paling transformatif di tahun ini. Efisiensi menjadi alasan sehingga teknologi ini banyak diminati. Banyak perusahaan merancang sistem berbasis AI untuk melakukan efisiensi penggunaan tenaga manusia. Contohnya pekerjaan entry data, penghitungan otomatis dan lain sebagainya.

Apalagi sekarang banyak platform yang mempermudah penggunaan AI. Beberapa penyedia diantaranya adalah, Apple, Google, Amazon, Microsoft dan masih banyak lainnya. Tentu saja, dengan berkembangnya teknologi AI banyak profesi yang menggunakan cara konvensional dianggap ketinggalan jaman.

2. Autonomous
Autonomous (foto:frost)

Perkembangan teknologi jaringan 5G memicu inovasi teknologi autonomous atau kemudi otomatis yang bisa dilakukan pengguna kendaraan tanpa harus memegang kemudi. Dengan teknologi AI dibantu kekuatan jaringan 5G menjamin pengemudi bisa sampai tujuan sesuai input data yang dilakukannya menggunakan teknologi AI.

Dengan teknologi ini, penggunaan sopir pribadi atau tour guide tak berlaku lagi. Pengemudi tinggal melakukan input data tujuan dan mobil akan berjalan secara otomatis mengantarkannya dengan selamat. Tentu saja, kemunculan teknologi autonomous membuat bisnis transportasi konvensional menjadi kadaluwarsa.

Teknologi autonomous kini bukan sekedar impian. Bos otomotif Tesla sendiri kini sedang menyempurnakan kendaraan autonomousnya agar mampu bekerja secara lengkap di tahun ini, diantaranya penyempurnaan pada operasional dengan kecerdasan tinggi, teknologi pengereman dan pengubah jalur.

3. Blockchain
blockchain


Pengusaha fintech harus berpikir lagi untuk menyiapkan strategi baru menghadapi kemunculan teknologi ini. Bagaimana tidak, teknology crypto ini mulai dilirik perusahaan besar dunia agar bisa diterapkan secara masssal pada tahun 2020.

Blockchain sendiri adalah teknologi catatan transaksi digital, dimana catatan individu dihubungkan bersama dalam satu daftar. Blockchains digunakan untuk mencatat transaksi cryptocurrency seperti bitcoin dan aplikasi lainnya. Teknologi ini ditemukan oleh sekelompok orang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Beberapa pelaku usaha sempat mengkritik kemunculan teknologi ini, lantaran dianggap bisa mengganggu industri. Namun kenyataanya, seiring berjalannya waktu banyak komunitas yang menerima kehadirannya. Bahkan FedEx, Walmart, IBM dan Mastercard pada tahun 2019 lalu berharap Blockchain bisa diterapkan pada tahun 2020. (*)

SUMBER : Berbagai sumber


 

Dirolu

Atas