Amankan Situs Dengan Pengaktifan HTTPS - DIROLU | Inspirasi Kreatif | Teknologi Digital Amankan Situs Dengan Pengaktifan HTTPS ~ DIROLU | Inspirasi Kreatif | Teknologi Digital

Amankan Situs Dengan Pengaktifan HTTPS

Baca Juga


Dirolu - Salah satu upaya untuk mengoptimalkan blog di mesin pencari adalah dengan cara mengaktifkan HTTPS. Apalagi bila menggunakan blog custom domain seperti situs ini, tentunya akan sangat mudah dilakukan. Lantas, apa itu HTTPS dan apa pula kelebihannya ?

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol versi aman HTTP dengan koneksi terenkripsi keamanan transport layer. Dengan menggunakan HTTPS, setidaknya ada keamanan dari para pengintip maupun sensor pemerintah maupun ISP.

CARA MEMASANG HTTPS UNTUK CUSTOM DOMAIN

Bagaimana cara memasang HTTPS untuk custom domain dengan platform blogspot ? Caranya, setelah login ke akun, silahkan ketik draft.blogger.com di tab pencarian browser. Setelah itu akan muncul menu setelan blogger Setelan > Dasar > HTTPS 



Pada menu ketersediaan HTTPS, klik dan pilih Ya. Selanjutnya lihat menu dibawahnya, pada Pengalihan HTTPS. Untuk beberapa saat menu ini masih tertutup dan lakukan refresh di browser atau tekan F5. Bila sudah terbuka, klik pilihan menu tersebut dan pilih Ya. 

Apakah ini sudah selesai ? Tentu belum. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah merubah semua url awalan HTTP pada blog menjadi HTTPS pada template. Untuk menghemat waktu bisa dilakukan dengan membackup template dan mengeditnya menggunakan aplikasi text editor seperti Notepad++. Replace semua awalan HTTP menjadi HTTPS, setelah itu save dan unggah kembali template.

RESUBMIT di GOOGLE WEBMASTER

Setelah semua custom template sudah dilakukan, selanjutnya adalah lakukan resubmit di google search console https://www.google.com/webmasters/tools/ . Lakukan seperti menambahkan properti baru di search console. Hapus properti lama yang belum menggunakan HTTPS dan lakukan penambahan dengan url yang sudah berawalan HTTPS.

PENGARUH SETELAH MENGGANTI HTTPS

Oh iya, meski ini adalah upaya untuk memperbaiki optimasi di mesin pencari, namun perubahan custom domain menggunakan HTTPS berdampak pada penurunan jumlah visitor maupun adsense secara drastis. Namun jangan khawatir, karena itu hanya berlangsung beberapa hari saja, selanjutnya akan kembali normal seperti semula. (and)

SUMBER