Bugs Meltdown dan Spectre Datang, Rentan Menyusup dan Curi Data Komputer - DIROLU | Inspirasi Kreatif | Teknologi Digital Bugs Meltdown dan Spectre Datang, Rentan Menyusup dan Curi Data Komputer ~ DIROLU | Inspirasi Kreatif | Teknologi Digital

Bugs Meltdown dan Spectre Datang, Rentan Menyusup dan Curi Data Komputer

Baca Juga


Dirolu - Pengguna komputer dan smartphone, belakangan dihebohkan dengan kabar serangan bug meltdown and spectre. Meltdown and spectre disebut sebagai dua celah keamanan pada komputer dan perangkat yang bisa menjadi jalan bagi peretas untuk melakukan pencurian data tanpa diketahui penggunanya.

Beredarnya kabar ini, menjadi mimpi buruk pengguna komputer yang menyimpan  data rahasia. Bagaimana tidak, meltdown and spectre adalah dua celah keamanan pada komputer yang selama ini jarang diketahui.  

Bugs ini disebut bisa bekerja pada aplikasi apapun yang sedang berjalan. Beberapa komputer yang disebut paling terdampak yakni yang menggunakan processor Intel, ARM dan AMD. Namun tak hanya itu, pihak apple juga mengatakan semua perangkatnya, seperti Mac, termasuk iOS untuk Iphone dan Ipads juga terdampak celah keamanan berbahaya tersebut.

Namun Apple menegaskan, tidak ada eksploitasi berbahaya dari dampak itu. Untuk mengantisipasi kerentanan terhadap Meltdown perusahaan menggulirkan update aplikasi untuk iPad, iPhone, iPod sentuh, desktop dan laptop Mac, serta set-top-box Apple TV.

Sementara untuk perangkat Intel, Meltdown ini diperkirakan hanya menyerang chip intel buatan 1995, kecuali Itanium dan Atom yang dibuat sebelum 2013.

Beberapa pusat keamanan di dunia belum melakukan antisipasi untuk serangan ini, karena memang tidak ada bukti. Meski demikian, beberapa pihak khawatir dengan beredarnya meltdown and spectre sebagai celah keamanan komputer, akan dimanfaatkan oleh peretas untuk melakukan pencurian data.

Lantas bagaimana semua itu bisa terjadi ? Meltdown bekerja dengan cara menyusup pada perangkat dan mencuri Kernel atau sistem inti yang menyimpan semua informasi penting pada perangkat. Sementara Spectre bekerja dengan cara mengelabui aplikasi normal untuk memberikan data sensitif seperti kata kunci atau pasword. (and)

Sumber : Berbagai Sumber