Jumat, 27 Oktober 2017

Jingdong Kembangkan Kendaraan Pengantar Tanpa Sopir


DIROLU-Terobosan baru untuk teknologi kendaraan pengantar tanpa awak dilakukan oleh Jingdong, perusahaan e-commerce terbesar kedua di China. Jingdong atau JD.com mengembangkan dua mobil van pengantar barang tanpa awak yang ditenagai listrik. Pengembangan itu dilakukan Jingdong bekerjasama dengan dua produsen mobil di Tiongkok, SAIC MAXUS dan Dongfeng Motor.

Kabarnya, mobil tersebut dimaksudkan untuk mengirimkan barang ke seluruh Tiongkok, sesuai dengan alamat tujuan si pengirim. Sebagai pemandunya, mobil dilengkapi sistem navigasi untuk melewati rute dengan beberapa sensor dan GPS.

Beberapa tes sudah dilakukan untuk mobil van ini, seperti menyalip, menghindari rintangan, bahkan parkir secara mandiri. Meski demikian, mobil ini belum bisa diluncurkan secara  penuh dan harus melakukan tahapan tes lagi.

Kendaraan ini bukan yang pertama bagi Jindong. Sebelumnya, Jingdong juga sudah meluncurkan Drone sebagai kendaraan pengantar barang secara online. Bahkan, Jingdong juga sudah pernah berinovasi dengan robot pengantar barang pada festival bulan Juni lalu. Dengan inovasi ini diharapkan pengiriman barang menjadi lebih efisien mengurangi biaya operasional.

Sumber : beritateknologi