Kamis, 17 Agustus 2017

Google Peringati Kemerdekaan RI Lewat Doodle Indonesia Independence Day

DIROLU - Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia kembali menjadi tema penting bagi Google. Setidaknya, ini ditunjukkan lewat Doodle Google pada 17 Agustus kali ini, yang bertemakan Indonesia Independence Day 2017. Pada situsnya, Google menggambarkan 6 orang berpakaian adat berbeda diatas perahu dengan bendera Merah Putih ditengahnya.

Pada halaman resminya, Google menyebutkan 6 suku adat yang berpakaian berbeda dalam satu perahu menggambarkan semangat persatuan dari keberagaman, yang sekaligus menjadi semboyan nasional Indonesia, Bhineka Tunggal Ika. Menurut keterangan di laman tersebut Google menyebutkan, semboyan itu berasal dari puisi pada abad ke-14.

Doodle kemerdekaan RI kali ini sebenarnya bukan yang pertama. Pada tahun-tahun sebelumnya, Google juga melukiskan hari kemerdekaan dengan Doodle menarik. Seperti doodle tahun lalu yang mengambil tema tiga pengibar bendera pusaka dan tahun sebelumnya lomba balap karung.

Untuk doodle Google kali ini merupakan karya seniman lokal asal Bandung, Aditya Pratama. Aditya sendiri dikenal sebagai ilustrator sekaligus desainer yang sudah menghasilkan banyak karya.