Sabtu, 08 Juli 2017

SEO On Page Untuk Tingkatkan Pencarian Situs

SEO On Page



Dirolu - Bagi pemilik situs atau pelaku SEO, optimasi SEO On Page sangatlah penting. Karena, mereka membuat situs bukan untuk dibaca sendiri, melainkan supaya banyak dikunjungi oleh pembaca lainnya. Lantas, apa SEO On Page itu sendiri ? Bagaimana cara menerapkannya ?

Dengan keberadaan mesin pencari, traffic blog/website sangatlah penting. Sehingga, dengan penerapan SEO On Page diharapkan bisa meningkatkan traffic blog.

Bila sebelumnya kita membahas SEO Off Page, kali ini kita akan mengupas habis tentang SEO On Page. Berbeda dengan SEO Off Page, SEO On Page mengacu pada faktor-faktor dalam konten laman situs yang mempengaruhi pencarian dalam search engine. Yang kita bahas disini berkaitan dengan link yang kita tanamkan dalam konten.

Bila SEO Off Page penerapannya kita meninggalkan link di situs luar dengan harapan backlinks yang bagus, SEO On Page sebaliknya. Kita menautkan link dalam beberapa kata pada konten laman ke situs luar konten. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas konten dengan referensi dari situs lain. Hal ini dilakukan agar lebih meyakinkan mesin pencari, bahwa artikel yang kita tulis berdasarkan referensi dari situs lain terpercaya.

Namun sebelum menerapkan hal ini, kita pelajari faktor-faktor lainnya yang ikut mempengaruh pencarian di search engine.

Optimasi SEO Title Tag

Judul artikel pada situs, menjadi kunci utama pencarian di search engine. Untuk mengoptimasi judul, langkah terbaik adalah dengan menempatkan keywords (kata kunci). Langkah terbaiknya adalah, mengawali judul artikel dengan keywords yang kita miliki. Tentunya penempatan keywords ini harus relevan.

Optimasi Meta Description 

Selain pada judul artikel, penempatan keyword dalam isi artikel juga tak kalah pentingnya. Awal kalimat, atau paragraf awal isi konten sangat berpengaruh pada hasil pencarian. Setidaknya, satu paragraf pertama pada isi konten kita akan ditampilkan mesin pencari sebagai ringkasan.  Logika ini bisa dilihat ketika kita melakukan pencarian di mesin pencari Google.



 Selain judul, hasil pencarian akan menampilkan beberapa baris deskripsi dibawah judul. Nah, deskripsi inilah yang nantinya kita optimalkan. Jadi, jangan sia-siakan awal isi konten kita. Tanamkan beberapa keyword setidaknya diawal isi konten untuk mendukung pencarian. Namun sekali lagi,  harus dilakukan secara relevan dan tidak berlebihan.

Optimasi SEO Internal Link

Bila kita menulis suatu topik pembahasan, usahakan untuk menautkan beberapa kata dengan url artikel yang kita buat sebelumnya. Tentu saja, penautan ini harus ada korelasinya dengan link tertaut. Dengan penautan ini, diharapkan kita mendapat banyak link juice. Banyaknya link juice pada konten kita, akan berdampak positif pada hasil pencarian.

Dengan memanfaatkan penautan internal link, secara tidak langsung menavigasi pembaca untuk membaca artikel kita lainnya. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan informasi yang lengkap pada satu topik bahasan.

Optimasi SEO Eksternal Link

Selain optimasi dengan internal link, yang tak kalah pentingnya adalah membuat eksternal link. Maksudnya, eksternal link adalah tautan link dari situs lain yang kita jadikan sumber referensi penulisan artikel kita. Bukan sekedar menyebut nama domain situs tersebut, namun kita juga harus menautkan url artikel yang kita jadikan referensi.

Bagaimana penautan ini mempengaruhi hasil pencarian di search engine ? Yang perlu diketahui, search engine spiders mengunjungi satu situs ke situs lainnya. Mereka mengumpulkan data-data artikel yang terkait dari satu situs dengan situs lainnya. Bila anda menggunakan eksternal link, mesin pencari akan menganggap artikel kita berbobot karena didukung referensi dari sumber lain diluar situs.

Setelah mengumpulkan situs-situs dengan keterkaitan data yang relevan, mesin pencari akan mengumpulkanya dan menempatkan pada halaman atas pencarian. Bila anda sering melakukan upaya seperti ini, mesin pencari pun akan menilai bahwa situs anda adalah situs yang berkualitas. (and/berbagai sumber)