Kamis, 06 Juli 2017

Mengenal Google Panda Serta Dampaknya



Dirolu - Barangkali sudah banyak yang mendengar Google merilis update Google Panda pada tahun 2011 lalu. Ya, tepatnya pada 23 Februari 2011. Namun apakah anda tahu, apa itu Google Panda dan dampaknya bagi pemilik situs serta bisnisnya ?

Google Panda adalah pembaruan pada Algorithma dan penyegaran data berkelanjutan pada mesin pencari Google. Update Panda merupakan usaha Google untuk meningkatkan peringkat situs dan website berkualitas pada urutan atas pencarian organik. Upaya ini sekaligus untuk mendowngrade sekaligus penalti website tak berkualitas dengan konten banyak iklan tanpa kualitas yang memadai.

Tak hanya Panda, ada upaya peningkatan Algorithma lainnya yang dilakukan Google, seperti Penguin dan Hummingbird. Berbeda dengan Panda yang mendorong situs berkualitas rendah kebawah, Update Penguin fokus pada situs yang memanfaatkan Black Hat SEO untuk meningkatkan ratingnya di mesin pencari. Penguin akan memberi penalti situs ini karena tidak sejalan dengan Google Webmaster.

Sedangkan Humingbird lebih fokus pada peningkatan pengalaman pengguna pada mesin pencari, diluar kata kunci (keyword). Hummingbird benar-benar memberikan algorithma baru yang lebih mempertingmbangkan konteks dan konten pada sebuah situs.



Beberapa penyebab penalti Google Panda paling umum diantaranya :
- Konten kualitas rendah, terlalu pendek dan tidak diriset dengan baik.
- Tata bahasa yang buruk
- Terdapat banyak broken link
- Terlalu banyak CTR dari mesin pencari (judul meta yang tidak tepat, meta description yang lemah)



Selain beberapa faktor diatas, Google Panda juga fokus pada masalah konten
- Kecepatan situs (loading) yang rendah
- Masalah Keamanan situs
- Persentase iklan yang tinggi pada konten
- Situs yang rumit dan susah dinavigasi
- Duplikasi konten

Sejak Google melakukan Update Panda pada 2011 lalu, memang banyak pelaku usaha bisnis online mengeluhkan situsnya. Salah satunya adalah penurunan pengunjung pada situs yang berpengaruh pada bisnisnya. Bila situs anda mengalami masalah dengan Google Panda, segera lakukan perbaikan dan jangan mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari. (and/berbagai sumber)