Selasa, 04 Juli 2017

Dengan TermoReal, Main Game di VR Bisa Rasakan Panas Dingin

mashable


Dirolu - Terobosan baru dilakukan Tegway untuk membuat game di Virtual Reality mendekati kenyataan. Setidaknya dengan membuat pengguna VR ikut merasakan temperatur seperti dalam game yang mereka mainkan.
Mereka menciptakan sebuah alat yang dinamakan TermoReal. Seperti dikutip dari Engadget, dengan alat ini pengguna VR bisa merasakan perubahan temperatur drastis mulai dari 4 to 40°C (39.2 to 104°F).





Lalu bagaimana alat ini bekerja ? Untuk menciptakan temperatur panas dingin, TermoReal mengaplikasikan flexible thermoelectric devices, atau lembaran elastis termoelektrik. Dengan menempel alat ini, TermoReal bekerja merubah temperatur tubuh menjadi energi listrik. Selanjutnya, energi ini yang akan menyalurkan perubahan panas dan dingin.
Misalnya, dalam game VR anda sedang melompat ke dalam kobaran api, maka anda akan merasakan panas di tangan. Demikian sebaliknya, jika anda sedang melompat ke dalam danau es, anda pun akan merasakan sensasi dingin.



Meski demikian, alat ini masih dalam tahap uji dan belum benar-benar diaplikasikan dalam teknologi VR. Namun yang jelas, dengan perubahan temperatur yang dihasilkan perangkat ini tidak menimbulkan rasa sakit bagi penggunanya. (and)

SOURCE