Minggu, 02 Juli 2017

Aquila, Drone Milik Facebook Penyebar Akses Internet

Aquila


Dirolu - Setelah gagal pada penerbangan uji coba yang pertama, Aquila, Drone milik Facebook akhirnya berhasil menyelesaikan penerbangannya. Aquila, pesawat tanpa awak yang diciptakan untuk menyebar akses internet ke seluruh dunia ini sukses terbang selama satu jam 46 menit. Aquila berhasil mendarat dengan mulus pada uji coba kedua pada 22 Mei 2017 lalu.

Keberhasilan ini berkat awak pesawat yang belajar dari kegagalan sebelumnya. Mereka memasang perangkat untuk mengurangi beban drone bertenaga matahari ini. Dengan keberhasilan ini pula, nantinya Aquila diharapkan bisa terbang selama 3 bulan lebih.



Aquila sendiri adalah drone yang diciptakan Facebook untk menyebar akses internet di daerah-daerah terpencil. Pesawat nirawak ini  diharapkan mampu menyebar koneksi internet dari ketinggian diatas 60.000 kaki dengan menggunakan laser komunikasi dan gelombang milimeter.  

Pada uji coba pertama dilakukan di gurun Arizona pada Juni 2016 lalu, Aquila terjatuh sebelum mendarat hingga menyebabkan kerusakan pada bagian sayapnya. Dari kegagalan ini, Direktur Sarana Aeronautikal Facebook memperbaiki kinerjanya dengan menambahkan spoiler pada bagian saya Aquila.

Dengan penambahan ini diharapkan mampu menambah daya hambat dan mengurangi daya angkat saat mendarat. Meski sukses pada uji coba kedua, Aquila masih mengalami kerusakan pada beberapa bagian saat mendarat. Namun para insinyur Facebook mengatakan, itu hanyalah kerusakan kecil yang mudah diperbaiki. (and/berbagai sumber)