Rabu, 28 Juni 2017

Yang Suka Numpang Wifi di Kafe, Kini Harus Hati-Hati



Dirolu - Maraknya kafe yang menyediakan fasilitas wifi, menjadi primadona bagi pengguna internet di Indonesia. Apalagi tersedia secara gratis. Hampir semua pengguna internet, baik tua, muda maupun masih bocah pernah memanfaatkan fasilitas ini.

Fenomena ini tak lepas dari buruknya layanan jaringan broadband sehingga meleset dari ekspektasi penggunanya. Dengan kata lain, banyak pengguna akhirnya memilih hotspot gratisan dengan harapan koneksi lebih cepat dan tentu saja, gratis.

Namun dibalik semua kemudahan itu, pengguna hotspot gratis ini sebaikan berhati-hati. Karena berada di area publik, bukan tidak mungkin lalu lintas data akses ikut terbuka untuk publik.

Berikut beberapa tips yang perlu dihindari saat memanfaatkan hotpot gratisan di tempat umum.

1. Hindari mengakses data-data sensitif, seperti informasi rahasia, data-data negara, karena dengan menggunakan akses wifi gratisan lalu lintas internet sangat mudah dibajak.

2. Hindari bertransaksi online saat menggunakan wifi gratisan. Apalagi mengakses informasi bank, seperti internet banking. Bukan tidak mungkin, jaringan internet publik di area wifi gratisan memudahkan pelaku kejahatan mencuri akun anda

3. Area publik wifi gratisan memungkinkan pelaku kejahatan menggunakan situs deep/dark web untuk memata-matai pengguna lainnya. Seperti saat melakukan video call, kamera atau webcam.

4. Jangan mengakses situs informasi penting, seperti milik perusahaan. Saat berada di area publik yang rentan, bisa jadi data-data situs tercuri sehingga menyebabkan kasus pembobolan akun atau akuisisi.

5. Hindari membuka situs-situs terlarang seperti situs porno. Bila seseorang bisa mencuri akses jaringan anda, apa yang anda lakukan akan mudah untuk diketahui orang lain. Hal ini berakibat buruk terhadap cara pandang orang terhadap anda sendiri.

Source