Jumat, 30 Juni 2017

Google Peringati Perjuangan Victor Hugo Lewat Doodle



Dirolu - Bila memulai berselancar di mesin pencari Google hari ini, anda akan menemui doodle bertema lelaki tua berambut putih. Apakah anda tahu siapa dia ?

Dialah Victor Hugo, aktivis HAM sekaligus sastrawan terkenal dengan novelnya 'Les Miserables' yang diterbitkan pada tahun 1862. Bertepatan dengan hari ini 30 Juni 2017, sebenarnya bukan untuk memperingati hari lahirnya, melainkan peringatan edisi terakhir novel Les Miserables yang ditulisnya.

Victor Hugo (Vox)


Setelah menyelesaikan novel tersebut (tahun 1862), Hugo hidup dalam pengasingan selama hampir 10 tahun karena pandangan politiknya. Selama itu pula, ia membuat tiga karya puisi dan banyak buku yang berbicara tentang diskriminasi sosial ekonomi. Beberapa buku tersebut diantaranya, Les Travailleurs de la Mer (Toilers of the Sea) dan  L’Homme Qui Rit (The Man Who Laughs).

Usai menyelesaikan buku-bukunya, Hugo mendirikan Association Literaire et Artistique Internationale to Supports Artists  Rights, sebuah perkumpulan untuk melindungi dan mendukung para seniman.

Nama Hugo akhirnya muncul di mata uang Perancis sebagai penghormatan kepadanya. Selain itu namanya juga diabadikan untuk nama jalan, taman,  jalur pendakian dan patung-patung di kota besar Perancis.



Gambaran tentang Victor Hugo ditampilkan Google doodle hari ini dengan 5 koleksi gambar. Anda pun bisa melihat gambar-gambar ilustrasi yang mengkisahkan Victor Hugo di halaman awal mesin pencari Google hari ini.   (and/Google doodles)