Rabu, 21 Juni 2017

Facebook Patenkan Teknologi Rekam Emosi Penggunanaya



Dirolu - Kemajuan teknologi kadang-kadang semakin menakutkan bagi penggunanya. Ini juga yang direncanakan situs jejaring raksasa Facebook. Mereka berencana menciptakan fitur yang bisa memata-matai penggunanya dengan merekam wajah melalui kamera, baik di kamera smartphone maupun webcam PC atau laptop.

Bekerjasama dengan CB Insight, sebuah organisasi marketing di New York, Facebook berencana mempatenkan teknologi yang disebut sebagai "Tekhnik mendeteksi emosi dan pengiriman konten" Desain paten ini sudah dimulai sejak tahun 2015 lalu. Gambarannya, saat seorang memegang smartphone berkamera, lalu mengambil gambar wajah dengan karakter seperti tersenyum, cemberut dan sebagainya.

Gambar wajah berekspresi ini lantas dikonfigurasi dengan aktifitas lainnya pada waktu yang bersamaan seperti saat browsing situs, mencari dan membacan. Dengan begitu, rekaman ekspresi akan terlihat ketika waktu itu anda sedang beraktifitas di depan smartphone atau PC.

Facebook nantinya hanya memonitor rekaman ekspresi dalam bentuk gambar tangkapan (bukan video) untuk menebak reaksi penggunanya. Teknologi ini nantinya akan digunakan Facebook untuk menetapkan target iklan mereka, berdasarkan minat yang diketahui melalui reaksi penggunannya saat menggunakan smartphone atau PC

Seperti disebutkan, Luke Stark, seorang peneliti Kanada dari Dartmouth College mengatakan, Facebook menggunakan analisa sentimen untuk menganalisa kata-kata orang dalam postingan dan terkait dengan skor emosi dengan fitur tadi. (and)

Sumber : Techworm (berbagai sumber)  .