Selasa, 20 Juni 2017

Duo Steve Pendiri Apple, Memulai Karirnya Sebagai Hacker



Dirolu - Bila anda tahu Steve Jobs dan Steve Wozniak adalah duo pendiri perusahaan raksasa teknologi Aple, apakah anda juga tahu bagaimana mereka memulai karirnya ? Pasangan yang akrab disapa duo Steve ini memulai karir fantastisnya jadi seorang hacker.

Sejarah dimulai pada tahun 1970, saat Wozniak menciptakan perangkat Blue Box (kotak biru) sebagai alat meretas jaringan telepon. Alat tersebut bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon gratis secara legal dengan menghilangan fungsi telephone switching panggilan jarak jauh.

Dengan keberhasilan itu, Steve Wozniak menjual perangkat blue box kepada teman-teman kuliah mereka.  Bahkan, Wozniak sendiri sempat mencoba menggunakannya untuk menelepon Sri Paus dengan berpura-pura sebagai Henry Kissinger. Kini, perangkat bersejarah itu tersimpan rapi di Computer History Museum in Mountain View, California.

Steve Wozniak sendiri sebelum memulai membangun Aple dikenal sebagai 'Phone Phreaks' (peretas jaringan telepon/dilakukan secara ilegal) dengan nama hacker 'Berkeley Blue' Karena itu pula, Wozniak akhirnya drop out dari kuliahnya dan menekuni belajar tentang komputer. Dari sinilah, Steve Jobs dan Steve Wozniak mulai terkenal dan membangun perusahaan komputer yang diberi nama Aple.

Dengan bermodal menjual mobil VW milik dan kalkulator scientific milik Jobs, mereka mulai mengembangkan proyek pertamanya, membuat papan PC yang dilengkap perangkat. Ide ini sendiri awalnya dicetuskan oleh Jobs. Keduanya lantas menjual papan PC tersebut, yang dinamai Apple 1 kepada dealer setempat seharga US$ 666,66 per biji.

Tak disangka, penjualan pertama mereka laku 100 buah. Selanjutnya mereka melakukan pengembangan yang diawali di garasi rumah milik Jobs. Dalam proyek tersebut, Wozniak mendesain bagian hardware dan software. Sejak itulah, sejarah raksasa elektronik Apple dimulai.

(and)

Sumber : Techworm/berbagai sumber