Jumat, 16 Juni 2017

Bos Alibaba Bakal Investasi ke Grab

Jack Ma
Jack Ma (foto:vulcan)


Dirolu - Kabar bergabungnya, bos sekaligus pendiri Alibaba, Jack Ma, dengan softbank untuk pembiayaan seri baru layanan ride-sharing Grab memperuncing persaingan Alibaba dengan raksasa internet Cina, Tencent. Kasak kusuk itu sendiri sebenarnya sudah terdengar sejak Maret lalu. Tapi, belum ada konfirmasi resmi dari Grab maupun Softbank. 

Belum diketahui secara pasti, apakah investasi itu mewakili layanan e-commerce Alibaba Group atau layanan finansial digital Ant Financial. Namun yang jelas, kabar dana yang akan dikucurkan ke Grab ditaksir mencapai 1,5 milar dolar AS atau Rp 20 triliun. Seperti diketahui, Alibaba dan Tencent berlomba-lomba menarik perhatian masyarakat China maupun internasional untuk menggunakan layanan dompet digital. 

Dengan berinvestasi ke Grab, Ma akan memperluas penetrasi layanan dompet digital Alipay ke pengguna Grab di Asia Tenggara. Sementara Tencent, sebelumnya telah berinvestasi ke Go-Jek yang diketahui saingan berat Grab di Indonesia. 

Tencent sendiri mengincar kolaborasi Go-Jek dalam dompet digital melalui fitur Go-Pay. Menurut isu yang berkembang, investasi Tencent ke Go-Jek ditaksir mencapai Rp 16 Triliun. Sementara selain Jack Ma, Didi Chuxing juga dikabarkan menaruh investasi ke Grab untuk pendanaan seri baru. (and)

 Sumber : Kompas