Senin, 24 April 2017

Trik Mudah Optimalkan SEO

Salah satu tujuan nge-blog adalah utnuk menyampaikan pesan pada dunia, atau untuk tujuan komersil. Untuk itu, perlu sekali apa yang kita sampaikan mudah dicari dan diakses orang lain. Demi mempermudah upaya tersebut diperlukan trik SEO (Search Engine Optimised) pada blog kita. Pada postingan kali ini, kita akan share sedikit trik untuk memperbaiki SEO blog kita agar lebih mudah dicari di mesin pencari. 

1. URL SEO friendly


Langkah pertama adalah mengatur permalink URL pada blog. Pada blogspot, jumlah karakter yang diperbolehkan untuk URL terbatas. Sementara, URL blog mengikuti jumlah karakter pada judul halaman yang ditulis. Untuk itu, setiap kali menerbitkan konten, diperlukan judul yang ringkas, sehingga memudahkan mesin pencari untuk melakukan perayapan. Disamping  itu, judul yang ringkas akan lebih enak dibaca, serta diingat oleh pengunjung kita.




2. Pecah Konten.


Dalam setiap pembuatan konten, pecah hingga menjadi beberapa sub konten. Misalnya konten  tentang trik. Coba buat pecahan konten trik menjadi beberapa konten trik dengan kategori yang lebih spesifik lagi. Lantas, tuliskan setiap konten yang anda buat dengan format heading.




3. Tuliskan Deskripsi.


Jangan lupa, untuk menuliskan deskripsi untuk setiap konten yang anda buat. Deskripsi ini nantinya akan masuk dalam SERP yang menjelaskan kepada calon pengunjung anda tentang konten pada blog.



4. Beri Penekanan Pada Keyword


Selain deskripsi, tak kalah pentingnya adalah keyword atau kata kunci. Pada penulisan keyword, beri penekanan dengan mencetaknya miring, tebal atau garis bawah untuk memberi penekanan pada robot mesin pencari bahwa itu penting.



5. Optimalikan gambar.


Optimalkan gambar anda setiap kali posting. Baca Optimalisasigambar



6. Internal linking.


Yang tak kalah pentingnya adalah menautkan beberapa kata pada postingan anda dengan postingan lain yang juga pernah anda tulis. Ini bisa dilakukan dengan memberikan link (tautan) pada kata yang dimaksud. Tentu saja hal ini harus ada korelasinya.


(and/panduan/beberapa sumber)